Mengenal Ilmu Desain Packaging atau Kemasan

Desain packaging / kemasan yaitu proses pembuatan desain untuk kemasan suatu produk. sehingga tampilan bentuknya indah dan menarik serta efisien dalam penggunaanya. Seorang designer Packaging / Kemasan harus mengetahui dalam merancang suatu produk yang akan di pasarkan untuk menarik khalayak publik. sebuah desain kemasan membutuhkan beberapa ide kreatif. Dimana seorang desainer kemasan harus memperhatikan dan mengaitkan beberapa hal yaitu, bentuk, struktur, material, citra dan warna. Serta memiliki kandungan mengenai Informasi produk sehingga dapat dipasarkan.

Sebuah kemasan berfungsi sebagai alat pembungkus, melindungi, mengeluarkan, melindungi, menyimpan, mengindetifikasi dan membedakan sebuah produk di pasar masyarakat. karena Casing , kemasan akan memperlihatkan citra dari dalam produk itu sendiri. karena kebanyakan orang mencari produk yang warna atau bentuknya disukai bahkan di anggap berbeda dari yang lainnya.

sebuah desain kemasan harus memperhatikan nilai ekstetika (Keindahan), yaitu penempatan dan fungsi setiap amterial yang terlekat pada desain kemasan tersbut

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan desain Kemasan adalah,

1. Efisien

Sebuah desain kemasan harus efisien, mudah digunakan dan memiliki maksud tertentu. sebuah kemasan dirancang seperti itu, karena ketika masyarkat menggunakan suatu produk tidak memakan waktu terlalu lama .

2. Menggambarkan Sebuah Produk

Sebuah desain kemasan harus dapat menggambarkan produk yang ada di dalamnya. Sebagai sarana informasi bagi pengguna. Maka sangat penting bagi desainer kemasan untuk mempelajari ilmu Antropologi, Psikologi, Sosiologi , Etnografi, Tipografi dan Nirmana. Sehingga dapat menciptakan sebuah desain yang tepat dan setiap kemasan dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

3. Berwawasan Luas dan memiliki referensi dalam merancang suatu desain

Seorang desainer Produk harus memiliki banyak wawasan dan referensi. Pengetahuan terhadap gejala sosial, budaya , perilaku manusia non-biologis, serta selera kebudayaan dan masyarakat akan sangat membantu dalam menciptakan desain kemasan. Sehingga dapat dengan baik mengatur komposisi bagaimana sebuah objek visual dapat dengan baik menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan manusia.

4. Konsep

Konsep sangat penting dalam membuat suatu desain kemasan. Konsep, Biasanya terdiri dari latar belakang, latar belakang bisa kita susun dengan mengacu pada tiga hal diatas. Serta menentukan target pasar dan tujuan dari kemasan ini. enta untuk membungkus, mengirim, atau hanya untuk sebagai alat penyimpan.

5. Analisa 

 Seorang desainer Kemasan harus memiliki pemahaman tentang psikologi dan studi proses mental. Yang akan membantu menciptakan esensi motivasi dan presepsi visual pada siapa yang melihat kemasan tersebut. Memiliki pemngetahuan bahasa komunikasi yang baik, yaitu Sematik ( arti kata ), Sintaksis ( susunan ). Shingga dapat dengan baik mencipatkan arsitektur dan susunan yang baik dalam sebuah Desain kemasan. Karena nantinya langsung akan berhadapan dengan Ilmu matematika, Bisnis, Asritektur, dan Distribusi.

6. Warna 

Seorang desainer harus memiliki kemampuan untuk memadukan warna dalam desain kemasan itu sendiri, jika dalam pembuatan desain untuk ditempatkan atau dengan tema lingkungan, warna yang di pakai adalah hijau, karena itu menggambarkan bumi dan lingkungan.

Fungsi dan Tujuan Desain Kemasan Tujuan dari Desain Kemasan tidak hanya menciptakan sebuah penampilan menarik secara visual. Karena kemasan yang hanya berkomposisi menciptakan sebuah hasil yang indah dan enak dilihat secara visual belum tentu dapat menggaet minat pasar dengan sukses. Pencapaian tujuan strategis dan target pemasaran secara kreatif melaului solusi desain dan komposisi yang tepat adalah fungsi utama Desain Kemasan.

Desain kemasan juga bertujuan bukan untuk sarana ekspresi pribadi. melainkan adalah sarana untuk mengekspresikan sebuah produk.

Berikut adalah contoh desain packaging / kemasan

Desain Kemasan Makanan

Desain Kemasan Makanan

Desain Kemasan Makanan

Desain Kemasan Makanan

Desain Kemasan Makanan


Nah jika anda tertarik dalam ilmu packaging anda bisa mempelajari itu dengan menggunakan Software Adobe photoshop, Corel Draw, Ilustrator dll .  Sesungguhnya tidak harus kuliah dalam menguasai ilmu desain, cukup bermodal bisa internet ilmu desain dapat kita gunakan dengan mudah, maka pergunakanlah internet dalam hal yang positif :) . (sultan)

1 komentar:

  1. Desain kemasan merupakan elemen penting dalam mencapai keberhasilan produk di pasar yang kompetitif.

    Merancang desain kemasan produk yang menarik dan efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang tujuan produk, identitas merek, serta konsumen target.

    Dengan memahami dan menerapkan fungsi desain kemasan produk, produsen dapat membuat desain kemasan yang efektif dan berhasil meningkatkan daya tarik dan nilai jual produk mereka di pasar yang semakin berkembang.

    Cara membuat desain kemasan yang menarik dan efektif adalah hal yang tak boleh diabaikan dalam strategi pemasaran produk. Ingatlah untuk selalu mengutamakan preferensi dan kebutuhan konsumen dalam proses desain kemasan.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.